Monday, April 17, 2017

AIR ALKALI, BENARKAH BERMANFAAT BUAT KESEHATAN?


Minum air alkali"Minum air putih paling sedikit 2 liter sehari!" Peringatan yang sering kita temui, supaya sehat katanya. Benarkah demikian? Yang jelas air adalah kebutuhan pokok kita, lebih dari sandang dan papan. Mengapa? Air merupakan kebutuhan pokok semua makhluk hidup, tanpa air tidak ada yang bisa hidup. Kebutuhan air setiap orang juga berbeda, tergantung aktivitas dan kondisi tubuh. Seorang atlit lebih banyak membutuhkan asupan air daripada orang yang bekerja di kantor. Orang yang bekerja di lapangan lebih banyak membutuhkan minum daripada orang yang bekerja di dalam ruangan.

Di dalam tubuh kita ada sekitar 60 - 80 % air. Air tersebut ada dalam bentuk larutan (campuran antara air dan bahan lain). Contohnya air ludah, air seni, serum, dan bahkan darah kita pun mengandung air.

Fungsi air di dalam tubuh kita adalah:

  • membantu metabolisme tubuh kita
  • menjaga keseimbangan suhu tubuh
  • melarutkan molekul-molekul bahan makanan yang akan diserap oleh tubuh
  • bersama dengan darah membawa oksigen ke seluruh tubuh
  • mengeluarkan toksin dari dalam tubuh melalui urin dan keringat

Kekurangan air menyebabkan tubuh kita kekurangan cairan, dan akan menyebabkan berbagai macam penyakit. Gejala awal kekurangan cairan adalah dehidrasi, yang diawali dengan rasa haus. Jadi segeralah minum air bila terasa haus, jangan ditunda-tunda ya...

Air Minum


Kita pun disarankan untuk tidak sembarangan minum air. Air bersih belum tentu layak minum. Persyaratan air minum adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung logam-logam berat, dan tidak mengandung bakteri koliform.

Air bersih menjadi permasalahan di berbagai kota dan negara. Hal ini terjadi karena kurangnya ketersediaan air tanah akibat dari penggunaan lahan sebagai daerah pemukiman. Daerah resapan air hujan pun berkurang.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kini sebagian besar orang memilih untuk membeli air dalam kemasan untuk minum. Dan kini semakin banyak pilihan merek air minum kemasan. Kita bisa memilih air minum sesuai budget yang kita miliki. Mau yang murah atau yang mahal? Banyak pilihannya.

Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan air minum dalam kemasan, semakin banyak pula produsen yang tidak memperhatikan kelayakan produknya. Kita sebagai konsumen yang harus jeli memilih produk yang bagus, artinya memenuhi standar kelayakan air minum. Mengapa?

Minum juga merupakan sebuah investasi. Investasi kesehatan. Efek dari minum air akan terasa 5 - 10 tahun ke depan. Minum tidak hanya menjadi pelepas dahaga, tapi merupakan cara kita untuk membantu tubuh kita melakukan metabolismenya dengan maksimal. Jadi bagaimana tubuh kita 5 - 10 tahun mendatang, tergantung dari air apa yang kita minum sekarang ini.


AIR ALKALI


Sebenarnya saya penasaran dengan air alkali ini, karena memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kita. Benarkah? Kita bisa dengan mudah menemukan air alkali di pasaran sekarang ini, yah dengan harga lebih mahal daripada air mineral biasa.

Untuk menjawab rasa penasaran saya, saya pun mulai menelusur berbagai informasi. Ternyata penelitian yang berhubungan dengan air ini sudah dimulai sekitar 6 atau 7 dekade yang lalu di Jepang. Penelitian mereka terus berlanjut sampai saat ini. Telah banyak dibuat peralatan untuk menghasilkan air alkali.


Image source from: www.sciencedirect.com

Prinsipnya adalah air biasa dimasukkan ke dalam sebuah tangki dan kemudian dilewatkan pada sebuah rangkaian listrik yang terdiri dari anoda dan katoda. Setelah dialiri listrik maka air di daerah katoda menjadi kaya molekul hidrogen dan memiliki pH antara 8 - 10, bahkan lebih. Air yang diperoleh dari sinilah yang selanjutnya disebut sebagai air alkali.

Air alkali yang direkomendasikan untuk minum adalah yang memiliki pH 8 - 10. Sedangkan air yang memiliki pH di atas 10 tidak direkomendasikan untuk diminum.

Air di daerah anoda bersifat asam dan dapat digunakan untuk sanitasi, bersih-bersih rumah misalnya...☺☺

Apa manfaat bagi kesehatan kita?


Sampai saat ini penelitian tentang air alkali masih terus dilakukan di berbagai negara, terutama tentang efeknya bagi kesehatan manusia. Para peneliti mencoba mencari jawaban dari pertanyaan "bagaimana bisa?". Penelitian dilakukan secara in vitro, in vivo, dan secara klinis.

Secara klinis, biasanya para dokter mengamati langsung efek pemberian air alkali pada pasien yang sedang opname di rumah sakit dan mengkonsumsi air ini. Sedangkan di laboratorium, para peneliti menggunakan hewan percobaan.

Inilah beberapa manfaat kesehatan dari air alkali:
  • menurunkan tekanan darah, dengan mengkonsumsi selama 2-3 bulan, karena air ini melarutkan kolesterol di dalam pembuluh darah
  • mempercepat proses penyembuhan, karena air ini dapat menetralkan toksin
  • menetralkan asam lambung
  • menurunkan kadar gula darah, karena memicu peningkatan produksi insulin
  • menekan pertumbuhan sel kanker
  • menurunkan kadar asam urat
  • memperbaiki fungsi hati
  • menyembuhkan maag dan mencegah kambuhnya maag
  • menyembuhkan hipertensi dan hipotensi
  • menyembuhkan alergi, seperti: asma, dermatitis
  • menyembuhkan diare persisten
  • mempercepat proses penyembuhan setelah operasi
  • memperbaiki kadar serum bilirubin pada bayi yang baru lahir
  • menyembuhkan konstipasi
  • mencegah terjadinya obesitas


Mengapa?


Air alkali mengandung antioksidan dan ion kalsium yang lebih tinggi daripada air biasa. Kandungan ini dapat meningkatkan fungsi hati, menetralkan toksin, dan mengontrol keasaman, yang terjadi karena banyak konsumsi daging dan gula. Hal-hal inilah yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap alergi. 

Bagi orang yang konsumsi karbohidrat dan proteinnya tinggi maka kebutuhan akan vitamin dan mineralnya juga tinggi. Jika konsumsi vitamin dan mineralnya kurang maka akan terjadi obesitas, karena tubuh kekurangan zat-zat yang diperlukan untuk metabolisme karbohidrat dan protein. Nah, air alkali ini mampu menyediakan mineral-mineral yang dibutuhkan, sehingga dapat mencegah obesitas.

Air alkali juga mampu menghilangkan radikal bebas sehingga air ini berpotensi sebagai pencegah kanker.


Manfaat di masa depan


Manfaat lain yang saat ini sedang diteliti adalah kemampuan air alkali untuk mencegah penyakit neurodegeneratif  dan penyumbatan arteri. Penelitian menunjukkan hasil yang baik pada tikus percobaan. Kita tunggu hasilnya ya...


EmoticonEmoticon