Saturday, April 8, 2017

BERBAGAI MANFAAT PROBIOTIK BAGI KESEHATAN TUBUH KITA

Gambar Dialac dan Lacto B
Gambar Dialac dan Lacto B

Pernah dapat resep seperti ini? Atau dapat saran untuk mengkonsumsinya? Ya, mereka adalah dua di antara berbagai merek probiotik yang sekarang banyak dijual. Ada produk yang dijual untuk dewasa, ada juga yang khusus dijual untuk anak-anak. Ada produk yang dijual dalam bentuk kapsul, dan ada yang dijual dalam bentuk sachet seperti gambar tersebut. 

Apa itu probiotik? 


Probiotik adalah makanan tambahan yang berupa sel mikrobia hidup yang memberikan keuntungan bagi kita dengan cara memperbaiki kondisi usus jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu.  So, dari definisi ini jelas ya bahwa produk probiotik berisi mikrobia. Sebagian besar anggota mikrobia yang sudah terbukti khasiatnya sebagai probiotik adalah bakteri. Jadi…tidak semua bakteri jahat atau menimbulkan penyakit, tapi banyak juga di antara mereka yang sangat berguna bagi kita.

Bakteri apa saja yang termasuk probiotik?


Seperti halnya kita yang harus menjalani kuliah selama minimal 4 tahun, dengan berbagai macam tuntutan kuliah, tugas, dan ujian, sebelum mendapatkan gelar sarjana, bakteri-bakteri yang termasuk probiotik juga harus menjalani  berbagai macam uji coba di laboratorium sebelum pada akhirnya masuk dalam kategori bakteri probiotik. 

Bakteri probiotik harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Menguntungkan bagi kita
  • Tidak bersifat patogen
  • Tidak menghasilkan toksin bagi kita
  • Masih hidup dan jumlahnya > 100 juta sel ketika dikonsumsi
  • Dapat bertahan hidup di dalam saluran pencernaan
  • Dapat bertahan hidup selama disimpan
  • Tahan terhadap asam lambung dan asam empedu

Lactobacillus casei strain Shirota yang ada di dalam Yakult merupakan salah satu probiotik yang sudah kita kenal. Selain itu ada L. acidophilus, L. lactis, Bifidobacterium bifidum, B. longum, B. breve, dan masih banyak lagi.

Dari mana bakteri-bakteri probiotik berasal?


Mereka berasal dari berbagai jenis makanan fermentasi, yang tersebar hampir di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, makanan fermentasi  mudah ditemui di berbagai tempat. Ada dadih, pindang, gatot, tape, terasi, dan lain sebagainya.
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bakteri probiotik yang berasal dari sumber terdekat dengan konsumen menunjukkan hasil yang lebih baik. Dengan kata lain usus kita akan lebih mudah menerima bakteri probiotik yang berasal dari makanan asli Indonesia.

Apa saja keuntungan mengkonsumsi probiotik?


Jika kita mengkonsumsi probiotik dalam jumlah yang benar dan dilakukan secara terus-menerus maka kita akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan, di antaranya adalah:
  • Jumlah berbagai macam bakteri di dalam usus kita akan seimbang (jangan mengira usus kita tuh steril ya…)
  • Menurunkan intoleransi terhadap laktosa
  • Mencegah kanker kolon
  • Mencegah penyakit jantung coroner
  • Menurunkan kolesterol darah
  • Membantu proses pencernaan makanan
  • Meningkatkan ketersediaan protein
  • Menstimulasi sistem kekebalan tubuh
  • Menghasilkan vitamin B dan folat
  • Mencegah konstipasi karena motilitas usus meningkat
  • Mengurangi infeksi patogen di dalam usus

Mengapa probiotik menguntungkan bagi kita?


Setelah Anda membaca segala keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mengkonsumsi probiotik, maka muncullah di benak Anda mengapa bisa demikian?

Di dalam usus kita bakteri-bakteri yang ada akan menempel di dinding  usus kita, yah bayangkan saja ada dalam sebuah kerumunan orang berdiri di sebuah konser musik . Orang-orang akan saling berebut untuk mendapat posisi terdepan supaya bisa dengan jelas melihat idolanya atau kesempatan untuk mengambil fotonya. Nah seperti itu jugalah probiotik akan berkompetisi dengan bakteri yang tidak menguntungkan atau jahat, dalam rangka memperebutkan tempat untuk menempel yaitu dinding usus kita. Oleh sebab itulah maka konsumsi rutin penting untuk menjaga jumlah probiotik di usus tetap dalam jumlah yang tinggi. Jumlah yang tinggi meningkatkan kemungkinannya untuk menang. Seperti di konser tadi, jika kita sendirian, maka kesempatan kita untuk mengambil foto sang idola lebih kecil daripada jika kita membawa banyak teman.

Nah setelah probiotik menempel di dinding usus kita, maka dia akan menghasilkan berbagai senyawa kimia yang membuat lingkungan usus tidak menyenangkan bagi bakteri patogen. Jika ada bakteri patogen yang berhasil sampai di usus kita, dalam waktu yang singkat si patogen ini akan segera pergi.

Senyawa-senyawa kimia yang dihasilkan oleh probiotik juga akan memperbaiki lapisan sel dinding usus kita yang sempat rusak karena patogen. Senyawa-senyawa ini dapat mempercepat pertumbuhan sel dinding usus kita.

Makanan apa saja yang mengandung probiotik?


Sekarang ini kita bisa dengan mudah menemui produk makanan yang mengandung probiotik.  Tinggal pilih sesuai selera kita masing-masing.

Yoghurt

Produk ini biasanya mengandung Lactobacillus dan atau Bifidobacterium. Yoghurt memiliki banyak variasi rasa, dan kini banyak digunakan sebagai campuran dalam penyajian makanan maupun minuman. Ada ‘frozen yoghurt’, es krim, pudding, dan berbagai macam minuman segar lain.

Kefir

Kefir pada dasarnya adalah susu fermentasi. Di dalamnya terkandung banyak mikrobia, yang membuat kefir berasa lebih asam daripada yoghurt. Jika anda penggemar rasa asam, maka kefir ini cocok bagi anda.

Yakult

Yakult hanya mengandung L. casei strain Shirota. Susu fermentasi ini memiliki rasa yang sedikit asam dan manis. Berbeda dengan yoghurt dan kefir yang memiliki konsistensi agak padat (seperti pasta), yakult berbentuk cair.  Kini sudah banyak dijual susu fermentasi dengan merek yang berbeda, dengan variasi rasa yang banyak pula. Hmm, tinggal pilih rasa kesukaan anda. Segar dan sehatnya dapet deh…

Susu probiotik

Ini bukan susu fermentasi , melainkan produk susu yang diberi tambahan probiotik. Biasanya produk susu bubuk untuk anak-anak.

Nah, demikianlah informasi tentang probiotik kali ini. Informasi selanjutnya masih akan berhubungan dengan probiotik dan kesehatan, tunggu ya…


EmoticonEmoticon