Saturday, May 13, 2017

Memilih Tempat Bekal Makan Siang yang Aman

Makan siang. Momen yang sangat jarang dilakukan secara bersama-sama oleh anggota keluarga karena berbagai macam kesibukan. Bekerja, kuliah, maupun sekolah. Beberapa orang memilih untuk menikmati makan siang di luar rumah, terutama yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi, dan yang lain memilih untuk pulang ke rumah. Wow...pasti masakan mamanya tak terkalahkan nih, hehehehe
Bagi yang ingin menikmati hidangan rumah di kala makan siang, baik untuk alasan berhemat maupun alasan kesehatan, namun tidak mau repot pulang pergi rumah-kantor, maka membawa bekal makan siang adalah pilihannya. Pilihan ini juga diterapkan oleh banyak anak sekolah di kota-kota besar. Entah itu memang berisi menu makan siang ataupun hanya sekedar camilan.
Pilihan produk tempat bekal makan siang pun kini beragam. Sasaran konsumen tempat bekal makan siang bisa orang kantoran maupun anak sekolah. Dari yang berbahan plastik, logam, maupun kombinasi dari keduanya. Dari yang modelnya sederhana, sampai yang tahan panas dan dingin. Dari yang tidak bergambar, sampai yang bergambar film terbaru atau tokoh kartun atau hero terkenal. Dari yang harganya belasan ribu, sampai ratusan ribu. Dari yang dijual di pasar tradisional, sampai yang dijual dengan sistem MLM. Banyak ya pilihannya? Mau pilih yang mana, kembali lagi ke kantong dan selera kita masing-masing.
Amankah? Belum tentu. Pilihan tempat bekal yang salah juga dapat menimbulkan efek samping.
So, kita pun harus jeli dalam memilih tempat bekal makan siang kita.

Menurut saya ada 2 hal besar yang perlu kita perhatikan saat memilih tempat bekal makan siang:

Cleanability


'Cleanability' adalah mudah tidaknya suatu produk untuk dibersihkan. Saya mendapatkan istilah ini ketika saya bekerja di sebuah perusahaan yang memproduksi alat kesehatan. Menarik memang. Salah satu persyaratan produk layak jual adalah mudah dibersihkan oleh konsumen. Saya kemudian berpikir, semestinya persyaratan ini juga diberlakukan pada produk-produk yang berhubungan dengan penyajian makanan. Dan yang saya kurang tahu adalah apakah produsen peralatan makan juga menerapkan persyaratan ini atau tidak.
Mengapa? Karena alat-alat yang kita pergunakan untuk menyajikan makanan atau alat yang kita gunakan untuk makan, akan mengantarkan makanan ke dalam sistem pencernaan kita.
Percuma saja kita mencuci tangan sebelum makan kalau peralatan yang berhubungan dengan makanan kita ternyata tidak bersih.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memilih tempat bekal makan, dan termasuk botol minumnya:

  • Permukaan halus, tidak ada motif timbul, terutama di bagian di mana makanan atau minuman akan ditempatkan.
    Permukaan tempat bekal makan siang sebaiknya  halus
    Permukaan tempat bekal makan siang sebaiknya halus

  • Lekukan pada tutup mudah dibersihkan.
    Lekukan tutup tempat bekal makan siang
    Lekukan tutup tempat bekal makan siang sebaiknya mudah dibersihkan
  • Bagian yang ada ulirnya mudah dijangkau jika sedang dicuci.
    Ulir tutup botol mudah dibersihkan
    Ulir tutup botol mudah dibersihkan
  • Jika ada karetnya, karet tersebut mudah dilepas untuk dibersihkan, dan mudah dipasang kembali.
    Karet pada tempat bekal makan siang bisa dilepas
    Karet pada tempat bekal makan siang bisa dilepas untuk dibersihkan
  • Sendok dan garpu sebaiknya tidak ada bagian sambungannya, karena bagian sambungan ini sulit untuk dibersihkan dan bisa menjadi tempat hidup bagi mikroorganisme.
    Sendok dan garpu

    Sambungan ada sendok dan garpu sulit dibersihkan
    Sambungan pada sendok dan garpu sulit dibersihkan
  • Untuk tempat minum, pergunakanlah botol yang mudah dibersihkan. Baik bagian dalam maupun luarnya. Terutama bagian atas botol dan tutup botolnya.
    Botol minum sebaiknya mudah dibersihkan
    Botol minum sebaiknya mudah dibersihkan

Safety


Safety atau keamanan. Istilah yang cukup akrab di telinga kita. Istilah ini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Makanan salah satunya. So, safety yang saya maksudkan di sini adalah, keamanan dari peralatan makan yang kita gunakan.
Tanda plastik aman bagi makanan
Tanda plastik aman bagi makanan

  • Peralatan makan yang kita gunakan sebaiknya berasal logam. Bahan logam juga tidak sembarangan, pilihlah yang stainless steel.
  • Jika kita menggunakan peralatan makan dari plastik, maka pilihlah yang aman. Menurut Badan POM, bahan plastik yang aman digunakan untuk makanan adalah jenis-jenis plastik yang memiliki titik lunak di atas 100℃. Mereka adalah Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), High Density Polyethylene (HDPE), Polypropylene (PP), dan Oriented Poly Propylene (OPP).
  • Pilihlah peralatan makan dengan model yang tidak terlalu rumit, karena jika modelnya rumit, maka tingkat kesulitan pembersihannya juga semakin tinggi, atau cleanability-nya rendah. Contohnya sendok yang memiliki sambungan, maka area sambungan ini akan menjadi tempat yang subur bagi tumbuhnya mikroorganisme, demikian juga lekukan tutup sebaiknya mudah untuk dibersihkan.
  • Pilihlah peralatan makan yang motifnya tidak mudah lepas.

Selain jeli dalam memilih tempat bekal makan siang kita, perawatan yang benar pada tempat bekal makan siang kita juga tidak kalah penting. Tidak susah kok. Caranya adalah segera cuci tempat bekal makan siang kita setelah selesai digunakan. Terlebih jika makanan kita mengandung santan atau lemak. Aroma tidak sedap akan muncul. Aroma ini berasal dari sisa-sisa makanan yang basi. Dan basi ini disebabkan oleh mikroorganisme. Beberapa mikroorganisme yang menyebabkan aroma tidak sedap ini bisa dibaca di Mengenal Berbagai Kerusakan Pada Bahan Makanan

Tempat bekal makan siang yang tidak segera dicuci menjadi lingkungan yang ideal bagi tumbuhnya berbagai mikroorganisme. Ada kemungkinan mereka masih tertinggal di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh spon cuci atau pun sikat. Ketika kita taruh makan siang kita di hari selanjutnya, maka makan siang kita tersebut sangat mudah terkontaminasi, atau menjadi basi. Setelah dicuci, kering anginkan supaya kering alami. Kering alami jauh lebih baik daripada kita mengelapnya dengan serbet, karena mengelap dengan serbet, sama saja kita memindahkan mikroorganisme dari serbet ke dalam tempat bekal makan siang kita.

Botol minum juga penting untuk diperhatikan. Botol sebaiknya dicuci setiap hari. Bayangkan saja. Mulut kita, yang notabene banyak mikroorganismenya, menyentuh bagian atas botol, kemudian ada sedikit air ludah yang masuk ke dalam botol, pasti akan banyak mikroorganise yang hidup di permukaan dalam botol. Tandanya adalah licin jika kita sentuh dengan jari. Sebelum hal ini terjadi, rajin-rajinlah mencuci botol minum Anda.

OK, itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam memilih dan merawat tempat bekal makan siang Anda. Coba yah...


EmoticonEmoticon